Tren Dalam Teknologi Dan Media


Perubahan dalam kelas : Dari tradisional ke digital

Marc Prensky mengemukakan 4 langkah/tahap perubahan sebagai berikut:

  • Dabbling.
  • Melakukan hal lama dengan cara yang lama.
  • Melakukan hal lama dengan cara baru.
  • Melakukan hal baru dengan cara baru.

Hal hal yang menandai perubahan dari tradisional ke digital dapat kita lihat dari adanya beberapa istilah seperti:

1. Guru digital

Yang dimaksud dengan guru digital disini adalah para pengajar yang menggunakan peralatan-peralatan digital untuk memperluas dan meningkatkan kemampuan meereka untuk memenuhi beberapa peran dan tanggung jawabnya sebagai seorang penndidik.

2. Murid digital

“murid digital” belajar di dalam kelas dimana teknologi merupakan komponen pembelajaran yang memperluas lingkungan belajar hingga dibalik ruang kelas dan dibalik kemampuan siswa yang telah ada.

3. Perubahan peran dari pusat media

Pusat media sekolah sekarang memiliki berbagai teknologi yang dapat tersedia. Dunia maya telah mengubah kebiasaan, harapan, dan aturan-aturan yang ada. Internet sekarang telah dipandang sebagai sumber informasi dunia, bukan hanya perpustakaan.

4. Pilihan unutk pendidikan jarak jauh

Para pelajar masa depan akan memiliki kesemapatan yang sangat besar dalam hal pendidkan jarak jauh karena belajar secara online menjembatani jurang jarak, status, mata pelajaran yang terbatas yang bias ditewarkan sebuah sekolah.

5. Teknologi bagi orang yang tidak mampu

Inovasi dalam teknologi membantu para pengajar untuk dapat memenuhi kebutuhan khusus yang diperlukan oleh siswa yang memiliki kekurangan secara fisik, maupun para pelajar yang bukan merupakan penutur langsung. Salah satu hal yang bias dilakukan yaitu menggunkan teknologi untuk menciptakan program pendidikan secara individu.

6. Teknologi menghubungkan sekolah dengan rumah

Dengan adanya peningkatan komunikasi antara sekolah dengan rumah, maka sangat berpotensi untuk memperpanjang waktu belajar kita. Teknologi membuat para pengajar dapat mengirim PR dan tugas-tugas melalui internet ke rumah para pelajar. Orangtua, pengajar dan pelajar dapat berinteraksi tentang tugas-tugasnya.

7. Kelas global

Dengan adanya sistem satelit dan koneksi dengan jaringan network yang membuat suasana kelas bisa menjadi kelas global. Para siswa dapat belajar berbagai macam informasi dan melakukan percakapan langsung dengan orang-orang yang terpisah beribu-ribu mil.

8. Status dari jurang teknologi

Semakin maju sebauh zaman maka semakin sempitlah jurang teknologinya karena teknologi itu sendiri telah menjadi sebuah kebutuhan.

Penemuan-penemuan baru

  • Mengakses internet melalui telepon seluler telah menjadi hal yang lumrah di zaman sekarang. Selain handphone, juga telah diciptakan ‘The Fly Pentop’ yang dapat membantu siswa dengan tugas belajarnya. Laptop dan Ipod juga merupakan contoh dari ‘Mobile Computing”
  • Software innovative. Contoh dari software inovatif ini adalah Bluetooth, NetSuppot, Voice to text (VTT) dan Plasma Displays.
  • Buku elektronik (e-book)

Sekolah masa depan

Sekolah masa depan akan banyak menggunakan teknologi untuk membantu para pelajar dalam kegiatan belajarnya. Ada sebuah teknologi yang disebut “virtual mentor” dengan menggunakan peralatan 3-D yang kemudian menampilkan pengajar yang jaraknya sangat jauh dalam kelas dan program ini tetap menyediakan umpan balik antara pengajar dan yang diajar. Peran guru di masa depan tetaplah sebagai orang yang bertanggung jawab dalam mendidik muridnya namun guru ini harus memiliki kompetensi yang lebih dalam hal teknologi

Masa depan di lapangan

Setiap tahunnya, pendidkan dalam bidang teknologi akan menjadi semakin dibutuhkan baik dalam pendidikan formal maupun informal.

Organisasi professional dalam teknologi pendidikan

  • AECT (Association for Educational Communications and technology)
  • ALA (American Library International)
  • ISTE (International Society for Technology in Education)
  • ITEA (The International Technology Education Association)

One Comment

What Do You Think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s