Meningkatkan Pembelajaran Dengan Gambar Bergerak (Video)


Video dalam kelas

Video dapat membawa para siswa hampir ke semua tempat, mengembangkan minat siswa hingga dibalik tembok kelas. Benda-benda yang terlalu besar dapat dipelajari sama halnya dengan benda-benda yang terlalu kecil. Video tersedia hampir untuk semua topik dan semua jenis siswa di seluruh bidang pembelajaran seperti:

  • Pada bidang kognitif, para pelajar dapat mengamati peristiwa bersejarah secarra langsung. Warna, suara dan gerakan membuat karekternya menjadi lebih hiduup.
  • Bidang affektif. Panutan dan pesan dramtis dalam video dapat mempengaruhi sikap para siswa. Karena potensinya yang besar dalam memberikan dampak emosional, video dapat berguna untuk membentuk sikap social dan personal.
  • Bidang psikomotor. Video sangat baik digunakan dalam menunjukkan bagaimana benda bekerja. Demonstrasi dari psikomotor dapat lebih mudah dilihat melalui media daripa di dunia nyata.
  • Pada bidang kemampuan interpersonal, dengan meliaht program video secara bersama-sama, kelompok siswa yang berbeda-beda dapat membangun pengalaman berdiskusi dengan sesame siswa.

Perlengkapan khusus

Video dapat memanipulasi waktu dengan menambah atau mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengamati sebuah peristiwa. Video juga dapat memanipulasi ruang. Video memperbolehkan kita untuk melihat baik sesuatu yang kecil maupun yang besar, yang berjarak sangat dekat sampai yang jaraknya sangat jauh. Video juga memilki anaimasi yang dapat memanipulasi ruang dan waktu. Salah satu tenik yang digunakan yaitu menggunakan “gerak lambat”. Dalam gerak lambat, peristiwa yang sangat cepat dapat diperluas kedalam layar waktu dengan menjadikan video tersebut dalam kecepatan tinggi.

Format video

Format video umumnya dibagi menjadi dua. Format Video Diigital dan Format Video Analog. Format Video Digital umumnya dibagi atas: DVD (digital videodisc), Video Komputer, Video Internet dan Video Streaming. Sedang contoh dari Format Video Analog  adalah VCD (Videocassette).

Manfaat

Gambar yang bergerak mempunyai manfaat yang jelas dibanding dengan gambar yang diam dalam menampilkan konsep dimana gerakan merupakan hal yang penting untuk pembelajaran. Proses, seperti pekerjaan pabrik dan percobaan ilmiah dimana pergerakan yang beruruutan sangat penting dapat ditunjukkan dengan lebih efisien.

Batasan

Video juga memiliki beberapa batasan untuk orang-orang yang memiliki kekurangan secara fisik (tidak dapat melihat dan mendengar). Namun, karena kemajuan teknologi yang semakin hari semakin meningkat, batasan-batasan ini telah dapat dihilangkan. Bagi orang yang tidak mampu mendengar misalnya, saat ini video sudah ada yang dilengkapi dengan teks sehingga orang tersebut dapat mengetahui isi video itu dengan melihat teks.

Para pengajar sekarang ini harus dengan baik mengintegrasikan video dalam pembelajaran mereka. Hal-hal yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

Memilih video

Hal pertama yang harus dilakukan dalam memilih video yaitu mengevaluasi. Setelah mendapatkan video yang sesuai, kita harus melihat ulang dan mengevaluasinya. Beberapa sekolah dan organisasi memiliki berkas standar penilaian yang siap digunakan.

Pembuatan video

Membuat video membantu para siswa untuk membangaun kemampuan mereka dalam hal teknologi. Hasrat mereka terhadap teknologi dapat membntu menghidupkan penjelajahan aktif dalam dunia mereka. Ada dua hal utama yang perlu di perhatikan dalam pembuatan video. Yang pertama adalah proses perekaman. Handy-cam umumnya merupakan kamera yang sering digunakan oleh para pembuat video amatir. Setelah proses perekaman maka selanjutnya dilakukan proses edit. Pengeditan video digital biasanya dimaksudkan untuk memotong-motong bagian video yang kemudian disatukan kembali setelah memilih bagian mana yang harus dibuang atau dipertahankan. Aspek-aspek local dalam pembuatan video biasanya seperti dramatisasi dari cerita siswa, lagu dan juga puisi, memutar ulang perjalanan study wisata, menjaga budaya local, dokumentasi siswa mengenai sekolah dan lingkungan, dan dokumentasi eksperimen ilmiah.

What Do You Think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s