Mengenal Pahlawan Indonesia: Pangeran Diponegoro


English: Portrait of Prince Diponegoro Nederla...

English: Portrait of Prince Diponegoro Nederlands: Portret van prins Diponegoro (Photo credit: Wikipedia)

Pangeran Diponegoro dilahirkan di Yogyakarta pada tanggal 11 November 1785. Beliau adalah putra dari Sultan Hamengku Buwono III. Nama kecilnya adalah Raden Ontowiryo. Meskipun masih keturunan bangsawan, beliau sangat dekat dengan rakyat kecil.

Pangeran Diponegoro sangat menentang penjajah Belanda yang bertindak sewenag-wenang. Akibatnya, Belanda tidak menyukai dan mencurigai Pangeran Diponegoro. Pada tahun 1825, Belanda bermaksud membuat jalan. Pembuatan jalan tersebut melintasi tanah makam leluhur Pangeran Diponegoro. Atas perintah Belanda, Patih Danurejo IV memasang patok=patok pada tanah tersebut.

Tindakan Belanda yang sewenag-wenang tersebut memancing amarah Pangeran Diponegoro. Selanjutnya, Pangeran Diponegoro memimpin rakyat Tegalrejo melawan Belanda. Pusat perlawanan Pangeran Diponegoro berada di Gua Selarong. Dalam perjuangannya, Pangeran Diponegoro dibantu oleh para ulama dan bupati dari berbagai daerah. Pendukung Pangeran Diponegoro yang paling setia adalah Kiai Mojo dan Sentot Prawirodirjo.

Perang Diponegoro adalah perang paling besar yang harus dihadapi Belanda. Perang ini bersamaan dengan berlangsungnya Perang Paderi di Sumatera Barat. Belanda sangat kewalahan dalam menghadapi Perang Diponegoro. Perang Diponegoro telah menguras keuangan Belanda.

Untuk menangkap Pangeran Diponegoro, Belanda menggunakan cara yang licik melalui perundingan. Atas bujukan Belanda, Pangeran Diponegoro bersedia berunding di Magelang pada tanggal 25 Maret 1830. Dalam perundingan tersebut, Pangeran dijebak dan ditangkap atas perintah Jenderal De Kock. Selanjutnya, Pangeran Diponegoro diasingkan ke Manado. Pada tahun 1834, Pangeran Diponegoro dipindahkan ke Makassar dan ditahan di Benteng Fort Rotterdam. Pangeran Diponegoro wafat dan dimakamkan di Makassar pada tanggal 8 Januari 1855.

What Do You Think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s